Uncategorized

genset Inverter

Genset inverter adalah perangkat listrik yang dapat menghasilkan listrik yang dapat langsung digunakan untuk kebutuhan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber daya / sumber. Saat ini, penggunaan generator tersebar luas di rumah, kantor, bengkel, pabrik, bengkel, dll.

Ada berbagai jenis generator, yaitu:

Setelah konsumsi bahan bakar (bensin, solar, gas)
Setelah bentuk rumah generator (tenang, terbuka)
Tergantung pada pengatur tegangan keluaran (genset inverter dan konvensional)
Di antara berbagai jenis generator yang dijelaskan di atas adalah kelebihan generator inverter dibandingkan dengan generator konvensional.

Pada dasarnya, kedua jenis generator bekerja dengan prinsip yang sama, tetapi kinerja daya yang mereka hasilkan adalah yang paling penting. Untuk generator inverter, daya output biasanya dikontrol oleh perangkat yang disebut inverter PWM (Pulse Width Modulation). Pada generator konvensional, daya keluaran dikendalikan oleh regulator yang disebut AVR (Auto Voltage Regulator).

Perbedaannya terletak pada regulator keluaran tegangan, sedangkan motor penggeraknya bisa sama.

Tujuan utama alat pengatur tegangan ini adalah untuk menstabilkan tegangan keluaran sehingga diperoleh daya listrik yang lebih stabil, yaitu distorsi dalam bentuk perubahan tegangan harmonik, yang dianggap rendah atau nol. Alat penghilang distorsi harmonik ini disebut sebagai pengontrol atau sering kali sebagai PWM Inverter.


Agregat yang dipasang dalam bentuk pengontrol inverter adalah jenis generator inverter. Dan jenis distorsi harmonisa tegangan generator inverter sangat berubah, sedangkan pada generator konvensional distorsi harmonik tegangan masih ada.

Ketika daya yang dihasilkan stabil, banyak kebaikan biasanya dihasilkan dari generator. Singkatnya, berikut adalah beberapa keunggulan generator inverter dibandingkan dengan generator tradisional:

1. Tegangan output yang dihasilkan dapat dikatakan stabil atau nonharmonik. Dengan tegangan keluaran stabil dari generator inverter, tegangan dapat direkomendasikan sebagai pemasok daya, yang dapat digunakan untuk semua peralatan listrik dan elektronik (catu daya komputer, catu daya alat musik, catu daya genggam).

1. Tegangan stabil menghasilkan jumlah listrik stabil lainnya seperti watt dan frekuensi stabil (50 Hz atau 60 Hz).

2. Karena tegangan output stabil, menghasilkan suara yang jauh lebih lembut daripada generator konvensional (redaman suara rata-rata kurang dari 65 dB).

3. Konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan lebih efisien, menghasilkan emisi bahan bakar yang lebih rendah daripada generator konvensional.

4. Tahan terhadap fluktuasi tegangan mendadak dibandingkan dengan generator konvensional.

5. Desain yang lebih rapi atau bentuk fisik dan ukuran yang lebih baik daripada generator tradisional.

6. Penampilan eksternal generator lebih bersih daripada dengan generator konvensional.

7.Berat lebih ringan dari generator konvensional.


Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa generator inverter memiliki banyak keunggulan dibandingkan generator konvensional, tetapi harga generator inverter jauh lebih mahal daripada generator konvensional.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*