Uncategorized

KOMPONEN GENSET DAN FUNGSINYA

Saat membeli pabrik atau mesin, sangat penting bagi kita untuk mengetahui komponen mana yang termasuk dalam pabrik atau mesin. Ini berguna jika suatu hari peralatan atau mesin yang kita beli rusak, kita tahu komponen mana yang rusak, dan kita dapat menghindari teknisi yang tidak bermoral, di mana kita harus membayar lebih untuk memperbaiki peralatan atau mesin itu. Misalnya, teknisi yang tidak bermoral mengatakan bahwa bagian / bagian “A” dari mesin kami rusak dan perlu diganti, meskipun bagian ini tidak rusak.

Saat ini saya akan membahas komponen-komponen genSET Dan fungsinya atau secara umum disebut generator. Berikut adalah komponen utama generator atau agregat:


1. KOMPONEN DI GENSET – Mesin / Mesin
ENGINE ENGINE Engine adalah komponen utama genset atau generator. Motor adalah sumber energi input mekanis ke generator. Ada berbagai bahan bakar yang dapat digunakan untuk menjalankan mesin generator, termasuk bensin, gas atau diesel (diesel). Bensin umumnya digunakan dalam generator berkapasitas kecil, sedangkan bensin dan diesel umumnya digunakan dalam generator berkapasitas besar.

2. KOMPONEN DI GENSET – Alternator
alternator
Input mekanis dari mesin menghasilkan output listrik. Alternator ini adalah generator yang menghasilkan output listrik. Stator dan rotor atau armature adalah komponen yang bekerja di generator. Stator adalah komponen yang diam. Rotor atau armature adalah komponen yang bergerak untuk menghasilkan medan magnet.

3. KOMPONEN DI GENSET – tangki bahan bakar
tangki bahan bakar
Kapasitas besar tangki bahan bakar berbanding lurus dengan panjang generator yang beroperasi. Biasanya, tangki bahan bakar dapat membuat generator beroperasi selama 6 hingga 8 jam. Dan untuk aplikasi komersial yang biasanya menggunakan tangki bahan bakar eksternal, ini tentu berguna untuk memperpanjang waktu kerja generator.

4. KOMPONEN DI GENSET – Regulator tegangan
generator tegangan
Regulator tegangan adalah komponen yang mengatur tegangan yang berasal dari generator. Ini sangat penting karena jika daya yang dihasilkan oleh generator tidak stabil, alat yang digunakan dengan generator pasti akan rusak, dan alat tidak akan berfungsi.

5. KOMPONEN DI GENSET – sistem pendingin gas buang
pendinginan gas buang
Penggunaan generator pasti akan menyebabkan panas. Jika panas tidak dilepaskan, sangat berbahaya bagi generator. Generator dapat rusak karena terlalu panas (overheating) atau bahkan meledak. Sistem pendingin dan pembuangan ini bertindak sebagai ventilasi untuk melepaskan panas. Panas biasanya melalui sistem gas buang pada pitot, radiator dan kipas.

6. KOMPONEN DI GENSET – Sistem pelumas
minyak pelumas
Pelumasan sangat penting untuk menjaga generator tetap berjalan lancar dan dengan umur panjang. Ada oli di pompa yang melumasi generator motor. Level oli pelumas ini harus diperiksa untuk setiap generator yang beroperasi selama 8 jam.

7. KOMPONEN GENSET – Baterai
Baterai
Pada awalnya generator bekerja karena daya baterai. Jika baterai rusak, pasti tidak akan menghidupkan generator. Baterai akan diisi secara otomatis ketika generator bekerja.

8. KOMPONEN DI GENSET – Panel Kontrol
kontrol Panel
Panel kontrol adalah antarmuka pengguna generator yang mengontrol dan mengontrol outlet listrik dan pengaturan generator

9. KOMPONEN DI GENSET – Bingkai / Bingkai Utama
bingkai
Desain bingkai utama sangat penting. Kerangka atau rangka utama harus dirancang untuk menjadi rumah yang aman untuk generator. Bingkai utama atau perancah harus di-ground. Ini sangat penting untuk keamanan pengguna.
Ini adalah beberapa komponen yang termasuk dalam genset. Komponen-komponen ini harus dirawat dengan baik agar genset selalu sempurna.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*